Senin, 11 Juli 2011

RPP GEOGRAFI KLAS XI IPS

) (RPP- 1)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Purworejo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program : XI /IPS
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
2. Memahami sumber daya alam
II. Kompetensi dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
1.2 Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
III. Indikator : 1.1.1.Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer(C2)
1.1.2.Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dan dunia sebagai karunia Tuhan(C1)
1.1.3 Membedakan pengertian biosfer dengan antroposfer(C2)
1.1.4 Menganalisis yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi(C4)
1.1.5 Menjelaskan tingkatan dalam biosfer (C1)
1.1.6 Menerangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan dibumi (C2)
1.1.7 Menganalisis cagar Biosfer di Indonesia(C4)
IV. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, siswa dapat / mampu :
- Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer(C2)
- Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dan dunia(C1)
- Membedakan pengertian biosfer dengan Antroposfer (C2)
-Menganalisis yang mempengarui kehidupan dipermukaan bumi (C4)
-Membangun upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan (C5)
V. Materi
- Pembelajaran : Biosfer
- Persebaran hewan dan tumbuhan di muka bumi
- Menerangkan faktor faktor yang mempengaruhi kehidupan dimuka bumi
- Menganalisis cagar Biosfer dipermukaan bumi.
Nilai PBKB :
Religius
Jujur
Demokratis
Cinta Tanah Air
VI. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
2. Strategi : Cooperative Learning teknik Think Pair and Share (berfikir berpasang-pasangan dan curah pendapat)
3. Metode :
a. Penugasan
b. Diskusi :
c. Tanya jawab
VII. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan waktu
( menit) Aktifitas Siswa /Guru
A. PENDAHULUAN
motivasi
menanamkan pengertian manfaat tumbuh-tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
prasyarat memberi pertanyaan pada siswa tentang keanekaragaman flora dan fauna
5 ‘



10’ 1. Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru menanyakan kepada siswa sejauh mana
pengetahuannya tentang Biosfer (Target pencapaian 50% siswa memahami)
3. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan tujuanpembelajaran yang ingin di capai
4. Guru menyampaikan strategi pembelajaran yang digunakan

B. INTI
Kita hidup di permukaan bumi yang sangat luas.Kita hidup berdampingan dengan mahluk hidup yang lainnya,yaitu hewan dan tumbuhan dalam komponen biotik.Keberlangsungan hidup manusia,hewan dan tumbuhan tidak terlepas dari keberadaan unsur-unsur kehidupan nyang berupa komponen abiotik,misalnya udara,sinar matahari,tanah dan air. Komponen biotik dan abiotik berinteraksi di dalam lingkungan,misalnya tumbuhan memerlukan tanah sebagai midia tumbuhnya. Tumbuhan juga butuh sinar mata hari dan udara untuk proses pertumbuhan dan fotosintesis. Ada kalanya manusia juga berperan dalam keberlangsungan hidup tumbuhan.
Tingkatan dalam biosfer : 1.Individu 2.Populasi 3.Komunitas 4.Ekosistem 5. Bioma
Kunjungi beberapa website, untuk memperluas wawasan anda :
Buka dari Wikipedia
http://GEOGRAPHY_XI_IPS.Blogspot.com
http://dnlightment.blogspot.com
www.crayonpedia.org
http://gurungeblog.wordpress.com
Tugas Ekplorasi : Wilayah Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati yang luar biasa.Salah satunya adalah hutan di wilayah Papua.Kawasan hutan Papua disebut sebagai surge alam,karena memiliki variasi habitat yang terbentang dari pegunungan hingga pesisir.Coa anda buat sebuah analisis mengenai dampak dari kekayaan dari kekayaan alam di wilayah Papua tsb. Catatan : perhatikan kawasan puncak,bawahnya dan pesisir.
Tugas Elaborasi:
Bumi Indonesia kaya akan potensi keanekaragaman flora dan fauna, namun dewasa ini terjadi eksploitasi alam secara besar – besaran yang pada akhirnya mengganggu tatanan suatu ekosistem. Carilah informasi tentang bentuk – bentuk eksploitasi alam yang merusak dan berikan komentar anda mengenai hal tersebut. Hasilnya kemudian diserahkan/DITAMPILKAN DALAM BENTUK POWER POINT . Setelah dipresentasikan di depan kelas. TUGAS: BAGAIMANA PENDAPATMU KALAU TATANAN EKOSISTEM RUSAK ,JANGAN LUPA TULIS NAMA KELAS DAN NOMOR...OK
Tugas Konfirmasi : Memberikan acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil ekplorasi sehingga bias membuat penyimpulan. 60’



1. Eksplorasi
a. Guru menjelaskan sekilas inti materi.(Target Pencapaian
60% siswa memahami) (A/V)
b. Siswa dibagi dalam bentuk berpasang-pasangan kemudian diminta untuk menggali infiormasi dari berbagai sumber. (A/V)
c. Setiap pasangan diberi tugas untuk:
1) Mendeskripsikan pengertianbiosfer
2) Mengidentifikasi ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia
3) Mengidentifikasi persebaran hewan dan tumbuh-tumbuhan di Indonesia
5) Mengidentifikasi tempat persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
6) Menjelaskan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuh-tumbuhan di Indonesia
7) Mengidentifikasi perkembangan hewan dan tumbuhan
8) Menyimpulkan tentang biosfer
( Target Pencapaian 80% siswa memahami)
2. Elaborasi
Setiap pasangan setelah selesai memecahkan dan membahas permasalahan diminta mencari pasangan lain sehingga terbentuk kelompok kecil @ 4 orang dan ditugasi untuk saling berbagi pendapat / curah pendapat(sharing) dari hasil pemecahan masalah dan pembahasan secara berpasangan. (A/V)
3. Konfirmasi
a. Setiap kelompok diminta mempresentasikan
hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi .
(A/V/K)
b. Guru mengklarifikasi apabila timbul permasalahan dan menarik kesimpulan
c. Guru mengajukan pertanyaan apakah ada yang belum dipahami dari hasil pembahasan hari ini.
d. Guru bersama siswa membuat rangkuman hasilbelajar(Target Pencapaian 90% siswa memahami)
VIII. Penilaian (terlampir)
C. PENUTUP
- Membuat rangkuman.
- Pemberian tugas
- Soal :
1.Tahukah Anda definisi biosfer,tuliskan !
2. Tahukah Anda dari teori oparin ? Jlskan
3. Dapatkan anda menjelaskan pengertian ekosistem.
4. Tahukah anda pengertian bioma ?
5. Tahukah kamu yang dimaksud dengan ekosistem ? 15 ‘ 1. Menunjukkan kebesaran Tuhan dengan mengerti tentang biosfer
2. Mengambil kesimpulan secara bersama-sama
3. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur :
Siswa diberi tugas untuk mencari informasi dari berbagai Literatur (internet/blog) tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk modul atau catatan !
4. Salam penutup.

Non Tes :
Tes Sikap / Performance : Diskusi kelompok

LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI
Mata Pelajaran : Geografi
Kompetensi dasar : 1.1 Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Hari / Tanggal :

No Nama Skor Jumlah Keterangan
1 2 3 4 5


Keterangan :
1.Keaktifan berdiskusi
2.Percaya diri
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Sopan dalam bertutur kata
5.Pemecahan masalah

Rentang Nilai :
5 / sangat baik (A) = 85 – 100
4 / baik (B) = 70 – 84
3 / cukup (C) = 55 – 69
2 / kurang (D) = 40 – 54
1 / sangat kurang (E) = 0 – 39
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
Pembuatan modul
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran : Geogarfi
Kelas / Semester : XI / Gasal
Standar Kompetensi :
1.Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
1. Kompetensi dasar :
1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfe
SOAL:
Carilah informasi dari berbagai literatur tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk kliping!
PEDOMAN PENSKORAN
No Aspek yang dinilai Skor
1

2

3

4 Kebenaran Informasi
Tepat=2 Tidak=1
Kesesuaian informasi dengan materi
Sesuai=3 Cukup=2 Kurang=1
Sistematika penyusunan modul
Terdiri dari pengantar, isi dan kesimpulan
Bahasa
Sangat komunikatif=3 Cukup komunikatif=2 Kurang komunikatif=1 0-2

0-3

0-3

0-3
Skor Maksimum 0-11

Keterangan :
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100

IX. Life Skill :
1. Kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan mengambil keputusan
3. Kecakapan bekerja sama
4. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis dan lisan
X. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Komputer
2. LCD
3. Gatot Harmanto.Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
4.Sumadi Sutrijat Geografi 2 (buku paket). 1999
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



NIKMAH NURBAITY Spd.MPd
NIP. 196801151993032005 Purworejo, 1 7 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP- 2)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Purworejo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program : XI /IPS
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
I. Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
2. Memahami sumber daya alam
II. Kompetensi dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
1.2 Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
III. Indikator :
1.1.1.Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer(C2)
1.1.2.Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dan dunia sebagai karunia Tuhan(C1)
1.1.3 Membedakan pengertian biosfer dengan antroposfer(C2)
1.1.4 Menganalisis yang mempengaruhi kehidupan di permuka bumi(C4)
1.1.5 Mengidentifikasi persebaran vegetasi berdasarkan gambar (C2)
IV. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, siswa dapat / mampu :
- Mendeskripsikan pengertian fenomena persebaran hewan dan tumbuhan(C2)
- Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dan dunia(C1)
- Menjelaskan Ekologi dan Ekosistem(C1)
-Membangun upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan (C5)
-Mengindentifikasi persebaran vegetasi berdasarkan gambar (C2)
V. Materi
- Pembelajaran : Persebaran hewan dan tumbuhan
- Persebaran hewan dan tumbuhan di muka bumi
- Ekologi dan Ekosistem
- Identifikasi persebaran vegetasi berdasarkan gambar
Nilai PBKB :
Religius
Jujur
Demokratis
Cinta Tanah Air
VI. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
2. Strategi : Cooperative Learning teknik Think Pair and Share (berfikir berpasang-pasangan dan curah pendapat)
3. Metode : a. Penugasan
b. Diskusi
c. Tanya jawab
VII. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan waktu
( menit) Aktifitas Siswa /Guru
A. PENDAHULUAN
motivasi
menanamkan pengertian manfaat tumbuh-tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
prasyarat
memberi pertanyaan pada siswa tentang keanekaragaman flora
5 ‘



10’ 1. Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru menanyakan kepada siswa sejauh manapengetahuannya tentang Biosfer (Target
Pencapaian 50% siswa memahami)
3. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin di capai
4. Guru menyampaikan strategi pembelajaran yang digunakan

B. INTI
Kita hidup di permukaan bumi yang sangat luas.Kita hidup berdampingan dengan mahluk hidup yang lainnya,yaitu hewan dan tumbuhan dalam komponen biotik.Keberlangsungan hidup manusia,hewan dan tumbuhan tidak terlepas dari keberadaan unsur-unsur kehidupan nyang berupa komponen abiotik,misalnya udara,sinar matahari,tanah dan air. Komponen biotik dan abiotik berinteraksi di dalam lingkungan,misalnya tumbuhan memerlukan tanah sebagai midia tumbuhnya. Tumbuhan juga butuh sinar mata hari dan udara untuk proses pertumbuhan dan fotosintesis. Ada kalanya manusia juga berperan dalam keberlangsungan hidup tumbuhan.
Tingkatan dalam biosfer : 1.Individu 2.Populasi 3.Komunitas 4.Ekosistem 5. Bioma
Kunjungi beberapa website, untuk memperluas wawasan anda :
Buka dari Wikipedia
http://GEOGRAPHY_XI_IPS.Blogspot.com
http://dnlightment.blogspot.com
www.crayonpedia.org
http://gurungeblog.wordpress.com
Tugas Ekplorasi : Wilayah Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati yang luar biasa.Salah satunya adalah hutan di wilayah Papua.Kawasan hutan Papua disebut sebagai surge alam,karena memiliki variasi habitat yang terbentang dari pegunungan hingga pesisir.Coba anda buat sebuah analisis mengenai dampak dari kekayaan alam di wilayah Papua tsb. Catatan : perhatikan kawasan puncak,bawahnya dan pesisir.
Tugas Elaborasi:
Bumi Indonesia kaya akan potensi keanekaragaman flora dan fauna, namun dewasa ini terjadi eksploitasi alam secara besar – besaran yang pada akhirnya mengganggu tatanan suatu ekosistem. Carilah informasi tentang bentuk – bentuk eksploitasi alam yang merusak dan berikan komentar anda mengenai hal tersebut. Hasilnya kemudian diserahkan/DITAMPILKAN DALAM BENTUK POWER POINT . Setelah dipresentasikan di depan kelas. TUGAS: BAGAIMANA PENDAPATMU KALAU TATANAN EKOSISTEM RUSAK ,JANGAN LUPA TULIS NAMA KELAS DAN NOMOR...OK
Tugas Konfirmasi : Memberikan acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil ekplorasi sehingga bisa membuat penyimpulan. 60’



1. Eksplorasi
a. Guru menjelaskan sekilas inti materi.(Target Pencapaian60% siswa memahami) (A/V)
b. Siswa dibagi dalam bentuk berpasang-pasangan kemudian diminta untuk menggali infiormasi dariberbagai sumber. (A/V)
c. Setiap pasangan diberi tugas untuk:
1) Mendeskripsikan pengertian biosfer
2) Mengidentifikasi ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia
3) Mengidentifikasi persebaran hewan dan tumbuh-tumbuhan di Indonesia
5) Mengidentifikasi tempat persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
6) Menjelaskan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuh-tumbuhan di Indonesia
7) Mengidentifikasi perkembangan hewan dan tumbuhan
8) Menyimpulkan tentang biosfer( Target Pencapaian 80% siswa memahami)
2. Elaborasi
Setiap pasangan setelah selesai memecahkan danmembahas permasalahan diminta mencari pasangan
lain sehingga terbentuk kelompok kecil @ 4 orang dan ditugasi untuk saling berbagi pendapat / curah pendapat(sharing) dari hasil pemecahan masalah dan pembahasansecara berpasangan. (A/V)
3. Konfirmasi
a. Setiap kelompok diminta mempresentasikan
hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi .
(A/V/K)
b. Guru mengklarifikasi apabila timbul
permasalahan dan menarik kesimpulan
c. Guru mengajukan pertanyaan apakah ada yang
belum dipahami dari hasil pembahasan hari ini.
d. Guru bersama siswa membuat rangkuman hasil belajar(Target Pencapaian 90% siswa memahami)
VIII. Penilaian (terl
C. PENUTUP
1.Tahukah anda persebaran hewan di dunia?
2. Tahukah anda yang dimaksud dengan kawasan Neotropik
3.Tahukah anda yang dimaksud dengan cagar alam?
4. Dapatkah anda menjelaskan persebaran hewan di Indonesia
5. Tahukah anda yang dimaksud suaka marga satwa
15 ‘ 1. Menunjukkan kebesaran Tuhan dengan mengerti tentang biosfer
2. Mengambil kesimpulan secara bersama-sama
3. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur :
Siswa diberi tugas untuk mencari informasi dari berbagai Literatur (internet/blog) tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk modul !
4. Salam penutup.

Non Tes :
Tes Sikap / Performance : Diskusi kelompok
LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI
Mata Pelajaran : Geografi
Kompetensi dasar : 1.1 Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Hari / Tanggal :
No Nama Skor Jumlah Keterangan
1 2 3 4 5

Keterangan :
1.Keaktifan berdiskusi
2.Percaya diri
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Sopan dalam bertutur kata
5.Pemecahan masalah
Rentang Nilai :
5 / sangat baik (A) = 85 – 100
4 / baik (B) = 70 – 84
3 / cukup (C) = 55 – 69
2 / kurang (D) = 40 – 54
1 / sangat kurang (E) = 0 – 39
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
Pembuatan modul
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran : Geogarfi
Kelas / Semester : XI / Gasal
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Kompetensi dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
SOAL:
Carilah informasi dari berbagai literatur tentang pengertian biosfer, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran hewan dan tumbuhan di dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk kliping!
PEDOMAN PENSKORAN
No Aspek yang dinilai Skor
1

2

3

4 Kebenaran Informasi
Tepat=2 Tidak=1
Kesesuaian informasi dengan materi
Sesuai=3 Cukup=2 Kurang=1
Sistematika penyusunan modul
Terdiri dari pengantar, isi dan kesimpulan
Bahasa
Sangat komunikatif=3 Cukup komunikatif=2 Kurang komunikatif=1 0-2

0-3

0-3

0-3
Skor Maksimum 0-11

Keterangan :
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
IX. Life Skill :
1. Kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan mengambil keputusan
3. Kecakapan bekerja sama
4. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis dan lisan
X. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Komputer
2. LCD
3. Gatot Harmanto.Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
4.Sumadi Sutrijat Geografi 2 (buku paket). 1999
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo



NIKMAH NURBAITY Spd.MPd
NIP. 196801151993032005 Purworejo, 17 Juli 2011
Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar