Rabu, 18 Januari 2012

RPP SMT 2 ke-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-2)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 5 Purworejo
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Program : XI /IPS
Semester : 2(DUA)
Alokasi Waktu : 6 X 45 Menit
I. Standar Kompetensi :
1. Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup
2. Memahami Pelestarian Lingkungan Hidup dan keaneka ragaman hayati
II. Kompetensi dasar :
1.1 Menjelaskan pengertian Lingkungan Hidup
1.2 Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dan keaneka ragaman hayati
di Indonesia
III. Indikator :
1.1.1.Mendeskripsikan pengertian Pelestarian Lingkungan Hidup dan keaneka ragaman hayati
yang berwawasan Lingkungan(C2)
1.1.2.Mengidentifikasi Lingkungan hidup di Indonesia dan dunia sebagai karunia Tuhan(C1)
1.1.3 Menyebutkan pengertian Lingkungan Hidup(C2)
1.1.4 Menganalisis yang mempengaruhi kehidupan Lingkungan Hidup di permuka bumi(C4)
1.1.5 Mengidentifikasi Undang-Undang tentang Lingkungan Hidup dan mengenai Amdal (C2)
IV. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, siswa dapat / mampu :
- Mendeskripsikan pengertian Pengelolaan Lingkungan Hidup
(C2)
- Mengidentifikasi sebaran bencana alam lingkungan hidup di Indonesia dan dunia(C1)
- Menjelaskan kerusakan Ekologi dan Ekosistem(C1)
-Membangun upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan (C5)
-Mengindentifikasi persebaran SDA berdasarkan gambar dan peta(C2)
V. Materi
- Pembelajaran PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
- Pentingnya PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP di INDONESIA
- Degradasi Lingkungan hidup
- Pemanfaatan SDA berdasarkan Prinsip ekoefisiesi
- Ekologi dan Ekosistem berdasarkan UU No 23 tahun 1997 dan UU No 32 tahun 2009
- Identifikasi persebaran Sumber daya alam dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia berdasarkan gambar dan peta
Nilai PBKB :
Religius
Jujur
Demokratis
Cinta Tanah Air
VI. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
2. Strategi : Cooperative Learning teknik Think Pair and Share (berfikir berpasang-pasangan dan curah pendapat)
3. Metode : a. Penugasan
b. Diskusi
c. Tanya jawab
VII. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan waktu
( menit) Aktifitas Siswa /Guru
A. PENDAHULUAN
5’Motivasi
Menanamkan pengertian Pengelolaan Pelestarian Lingkungan Hidup
Berwawasan Lingkungan
manfaat lingkungan hidup dan keaneka ragaman hayati
prasyarat
memberi pertanyaan pada siswa tentang keanekaragaman lingkungan hidup untuk pembangunan berkelanjutan
10’ 1. Guru mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa Pelestarian Lingkungan Hidup
2. Guru menanyakan kepada siswa sejauh manapengetahuannya tentang Pengelolaan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan
(Target
Pencapaian 50% siswa memahami)
3. Guru menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin di capai
4. Guru menyampaikan strategi pembelajaran yang digunakan

B. INTI
Kita hidup di permukaan bumi yang sangat luas.Kita hidup berdampingan dengan mahluk hidup yang lainnya,yaitu hewan dan tumbuhan dalam komponen biotik.Keberlangsungan hidup manusia,hewan dan tumbuhan tidak terlepas dari keberadaan unsur-unsur kehidupan nyang berupa komponen abiotik,misalnya udara,sinar matahari,tanah dan air. Komponen biotik dan abiotik berinteraksi di dalam lingkungan,misalnya tumbuhan memerlukan tanah sebagai midia tumbuhnya. Tumbuhan juga butuh sinar mata hari dan udara untuk proses pertumbuhan dan fotosintesis. Ada kalanya manusia juga berperan dalam keberlangsungan hidup dengan Menganalisis Pengelolaan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan serta pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan peraturan yang ada (UU No 23 tahun 1997 dan UU No 32 tahun 2009). Sehingga pentingnya pelestarian lingkungan hidup karena masalah lingkungan ini berdampak pada kehidupan manusia dan mahluk hidup lain . apabila kegiatan manusia menimbulkan mkerusakan lingkungan alam dan habitat tumbuhan dan hewan berarti secara nyata telah mengurangi keutuhan dari kekayaan alam kita. Oleh karena itu mengalami Degradasi lingkungan atau penurunan kwalitas lingkungan. Ada 2 faktor utama yaitu oleh alam yang tidak dapat dipredeksi dan dihindarkan manusia sepenuhnya dan oleh manusia yang sepenuhnya tergantung usaha manusia dalam mengendalikan kegiatannya.
Kunjungi beberapa website, untuk memperluas wawasan anda :
Buka dari Wikipedia
http://GEOGRAPHY_XI_IPS.Blogspot.com
http://dnlightment.blogspot.com
www.crayonpedia.org
http://gurungeblog.wordpress.com
Tugas Ekplorasi : Wilayah Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati yang luar biasa.Salah satunya adalah hutan di wilayah Papua.Kawasan hutan Papua disebut sebagai surge alam,karena memiliki variasi habitat yang terbentang dari pegunungan hingga pesisir.Coba anda buat sebuah analisis mengenai dampak dari kerusakan alam di wilayah Papua tsb. Catatan : perhatikan kawasan puncak,bawahnya dan pesisir serta usaha pelestariannya.
Tugas Elaborasi:
Bumi Indonesia kaya akan potensi keanekaragaman SDA, namun dewasa ini terjadi eksploitasi alam secara besar – besaran yang pada akhirnya mengganggu tatanan suatu ekosistem. Carilah informasi tentang bentuk – bentuk eksploitasi alam yang merusak dan berikan komentar anda mengenai hal tersebut. Hasilnya kemudian diserahkan/DITAMPILKAN DALAM BENTUK POWER POINT . Setelah dipresentasikan di depan kelas. TUGAS: BAGAIMANA PENDAPATMU KALAU TATANAN EKOSISTEM RUSAK ,JANGAN LUPA TULIS NAMA KELAS DAN NOMOR...OK
Tugas Konfirmasi : Memberikan acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil ekplorasi sehingga bisa membuat penyimpulan. 60’



1. Eksplorasi
a. Guru menjelaskan sekilas inti materi.(Target Pencapaian60% siswa memahami) (A/V)
b. Siswa dibagi dalam bentuk berpasang-pasangan kemudian diminta untuk menggali infiormasi dariberbagai sumber. (A/V)
c. Setiap pasangan diberi tugas untuk:
1) Mendeskripsikan pengertian PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
2) Mengidentifikasi PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
3) Mengidentifikasi persebaran degradasi lingkungan hewan dan tumbuh-tumbuhan di Indonesia
5) Mengidentifikasi akibat degradasi tempat persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
6) Menjelaskan faktor penyebab degradasi lingkungan hidup di Indonesia
7) Mengidentifikasi usaha pelestarian lingkungan
8) Menyimpulkan tentang pelestarian lingkungan hidup ( Target Pencapaian 80% siswa memahami)
2. Elaborasi
Setiap pasangan setelah selesai memecahkan danmembahas permasalahan diminta mencari pasangan
lain sehingga terbentuk kelompok kecil @ 4 orang dan ditugasi untuk saling berbagi pendapat / curah pendapat(sharing) dari hasil pemecahan masalah dan pembahasansecara berpasangan. (A/V)
3. Konfirmasi
a. Setiap kelompok diminta mempresentasikan
hasil kerjanya dan kelompok lain menanggapi .
(A/V/K)
b. Guru mengklarifikasi apabila timbul
permasalahan dan menarik kesimpulan
c. Guru mengajukan pertanyaan apakah ada yang
belum dipahami dari hasil pembahasan hari ini.
d. Guru bersama siswa membuat rangkuman hasil belajar(Target Pencapaian 90% siswa memahami)
VIII. Penilaian (terl
C. PENUTUP
1.Tahukah anda PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
2. Tahukah anda yang dimaksud dengan kawasan PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP 3.Tahukah anda yang dimaksud dengan cagar alam?
4. Dapatkah anda menjelaskan persebaran hewan di Indonesia
5. Tahukah anda yang dimaksud suaka marga satwa
15 ‘ 1. Menunjukkan kebesaran Tuhan dengan mengerti tentang PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
2. Mengambil kesimpulan secara bersama-sama
3. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur :
Siswa diberi tugas untuk mencari informasi dari berbagai Literatur (internet/blog) tentang pengertian pelestarian lingkungan hidup, ciri-ciri hewan dan tumbuhan di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk modul !
4. Salam penutup.

Non Tes :
Tes Sikap / Performance : Diskusi kelompok
LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI
Mata Pelajaran : Geografi
Kompetensi dasar : 1.1 Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Hari / Tanggal :
No Nama Skor Jumlah Keterangan
1 2 3 4 5

Keterangan :
1.Keaktifan berdiskusi
2.Percaya diri
3.Menghargai pendapat orang lain
4.Sopan dalam bertutur kata
5.Pemecahan masalah
Rentang Nilai :
5 / sangat baik (A) = 85 – 100
4 / baik (B) = 70 – 84
3 / cukup (C) = 55 – 69
2 / kurang (D) = 40 – 54
1 / sangat kurang (E) = 0 – 39
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
Pembuatan modul
TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR
Mata Pelajaran : Geogarfi
Kelas / Semester : XI / Gasal
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposper
Kompetensi dasar : 1.1 Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
SOAL: Menganalisis Pengelolaan Sumber Daya Alam Berwawasan Lingkungan

-Carilah informasi dari berbagai literatur tentang pengertianSDA, ciri-ciri nya di Indonesia, identifikasi tempat dan faktor penyebab persebaran SDAdi Indonesia/dunia, kemudian buatlah ringkasan materi dalam bentuk kliping!
PEDOMAN PENSKORAN
No Aspek yang dinilai Skor
1

2

3

4 Kebenaran Informasi
Tepat=2 Tidak=1
Kesesuaian informasi dengan materi
Sesuai=3 Cukup=2 Kurang=1
Sistematika penyusunan modul
Terdiri dari pengantar, isi dan kesimpulan
Bahasa
Sangat komunikatif=3 Cukup komunikatif=2 Kurang komunikatif=1 0-2

0-3

0-3

0-3
Skor Maksimum 0-11

Keterangan :
Nilai Akhir = Skor perolehan : Skor maksimum X 100
IX. Life Skill :
1. Kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan mengambil keputusan
3. Kecakapan bekerja sama
4. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis dan lisan
X. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Komputer
2. LCD
3. Gatot Harmanto.Geografi Bilingual. YRAMA WIDYA. 2008
4.Sumadi Sutrijat Geografi 2 (buku paket). 1999






Purworejo, 15 Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMA N 5 Purworejo


NIKMAH NURBAITY Spd.MPd
NIP. 196801151993032005 Guru mata pelajaran



Dra. TUNUNG SUBROTO
NIP. 195907231991031001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar